Langsung ke konten utama

Fitur Google Slide

Google Slide adalah tool presentasi yang memungkinkan anda membuat presentasi online dan offline. Google pertama kali menawarkan program presentasi untuk Google Docs di tahun 2007. Perangkat lunak presentasi gratis Google telah dinobatkan sebagai Google Slides sejak 2012. Sementara Google Slide versi basic gratis, perangkat lunak perkantoran premium Google, GSuite, menyertakan tool presentasi yang disebut Slide yang serupa dengan Google Slide. Karena Google Slides berbasis cloud, anda dapat mengaksesnya dari komputer manapun dengan koneksi Internet. Cukup masuk ke akun Google anda. Google Slides juga mendukung pengeditan dan kolaborasi real-time.

Google Slide adalah pesaing serius dalam hal perangkat lunak presentasi. Jika anda memilih Google Slides sebagai tool untuk presentasi anda, akan banyak keuntungan yang didapatkan, seperti pilihan yang tidak ada biaya, real-time editing, kolaborasi, sharing dengan aman, revision history, compatibility, fitur profesional, ketersediaan template, dan online publishing


Dipostingan kali ini saya akan membahas beberapa fitur menarik yang harus anda ketahui dalam Google Slide



1. Mengatur Slide

Duplikat Slide

  • Untuk menduplikat slide yang sedang dibuka, klik menu "Slide" kemudian pilih "Duplikasikan Slide".                                      
  • Atau bisa dengan cara pilih slide yang akan di duplikat pada filmstrip yang ada di samping kiri kemudian klik kanan pada slide yang di pilih dan kemudian klik “Duplikasikan Slide”.














Mengganti Layout dan Tema pada Slide

  • Untuk mengganti tema pada slide, klik menu "Slide" kemudian klik "Ubah Tema"
  • Pilih tema yang ada pada bar di sebelah kanan
  • Untuk mengganti layout klik kanan pada slide yang diinginkan kemudian klik “Ubah Background” atau bisa juga dengan cara klik menu “Slide” kemudian klik “Ubah Background”.

  • Kemudian pilih warna layout yang diinginkan atau bisa juga dengan memilih gambar untuk layout yang diinginkan. Jika sudah selesai klik “Selesai” atau klik “Tambahkan ke Tema” untuk menerapkannya pada semua slide.

Mengatur Slide Transitions

  • Klik menu “Slide” kemudian pilih "Ubah Transisi"

  • Pada tab view yang muncul, pilih transisi yang ingin digunakan.
  • Untuk memberi animasi pada objek, klik pada objek yang diinginkan kemudian pada tab view animasi klik “Add animasi” lalu pilih efek animasi yang ingin digunakan.


2. Menempelkan Objek

Menempelkan Grafik

  • Untuk memasukkan objek grafik ke presentation caranya sama seperti pada document, yaitu dengan cara membuat grafik terlebih dulu di spreadsheet yang kemudian di download berupa file gambar. Klik menu “Sisipkan” kemudian pilih “Gambar”.

  • Pada tab Upload klik “Upload dari komputer” kemudian pilih grafik yang akan dimasukkan dan setelah itu klik “Open”.

Menempelkan Gambar

  • Klik pada menu “Sisipkan” kemudian pilih “Gambar”.

  • Pilih sumber gambar yang akan di upload pada tab sebelah kiri kemudian upload gambar dan setelah itu klik “Select”.

Menempelkan Video

  • Klik pada menu “Sisipkan” kemudian klik “Video”.

  • Cari video yang akan di upload pada tab “Video search” atau jika sudah memiliki link video klik pada tab “URL” kemudian masukkan link pada kotak isian dan setelah itu klik “Select”.

Menempelkan Tabel

  • Klik pada menu “Sisipkan” pilih “Tabel” kemudian pilih baris dan kolom tabel yang diinginkan.
  • Klik pada tabel kemudian klik menu “Tabel” untuk mengeditnya, atau bisa juga dengan cara klik kanan pada tabel.

Menempelkan Wordart

  • Klik pada menu “Sisipkan” kemudian klik “word art”.
  • Tulis kata/kalimat yang diinginkan, tekan “Shift+Enter” pada keyboard untuk membuat baris baru, jika sudah selesai tekan “Enter”pada keyboard Anda.
  • Klik kanan pada wordart untuk mengeditnya.

 3. Melihat histori

  • Klik menu "File" kemudian pilih "Histori versi" lalu untuk melihat histori pengeditan slide pilih "Lihat histori versi"


  • Setiap versi pengeditan juga dapat diberi nama dengan memilih "Beri nama versi saat ini"  
  • Histori pengeditan dapat dilihat di bar sebelah kanan. 













4. Membuat Catatan dalam Keep

  • Buka fitur Keep yang ada pada sebelah kanan layar.
  • Untuk membuat catatan baru, klik "Buat catatan..."
  • Untuk menyimpan teks pada slide ke Keep, pilih slide pada filmstrip yang ada di samping kiri lalu klik kanan kemudian pilih “Simpan ke Keep”.


  • Teks pada slide yang dipilih akan langsung tersimpan ke Keep. 

5. Membuat Daftar Tugas



  • Buka fitur Tasks yang ada pada sebelah kanan.


  • Untuk menambahkan tugas pilih "Tambahkan tugas". Kemudian atur nama, detail, dan waktu pengumpulan tugas.

















Demikian beberapa fitur Google Slide yang menarik bagi saya. Beberapa fitur ini tentu dapat memudahkan kita dalam membuat presentasi. Terima kasih!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ms. Word - Penulisan Ilmiah (1)

Halo semua! Seperti biasa, setiap hari Kamis , gue mendapat interdept  Penerapan Komputer . Di post ini, gue bakal jelasin tentang  Pengolah Kata  sekaligus untuk memenuhi tugas keempat praktikum Penerapan Komputer. Ada beberapa aplikasi pengolah kata seperti  Microsoft Word ,  Libre Office Writter, Open Office Writter  dan lainnya. Tentu saja yang paling banyak digunakan adalah  Microsoft Word. 1. Membuat Page Break dan Section Break Fitur Page Break dapat digunakan untuk menggabungkan kalimat dalam satu paragraf agar tidak terpisah di halaman yang berbeda. Caranya sangat mudah : Sedangkan fitur Section Page dapat memudahkan untuk memberi tambahan halaman. Jadi tidak perlu lagi menekan tombol  enter  untuk menambah halaman. Berikut langkah-langkahnya Setiap untuk membuat karya tulis diperlukan nomor halaman sebagai patokan. Selain memberi angka untuk nomor halaman, kita juga dapat menggunakan huruf sebag...

Pengolahan Data Menggunakan Excel (2)

Nah kali ini kita bakal ngelanjutin materi minggu kemaren ya! Slicer Fitur Slicer ini digunakan untuk menyaring data. Slicer dapat ditambahkan dengan memilih salah satu tabel pivot, kemudian klik Options>Insert Slicer. Kemudian muncul menu yang bisa kita pilih untuk disaring, dalam hal ini kita ingin menyaring data per negara. Kita centang Country, lalu klik Ok. Slicer akan muncul dengan tampilan sebagai berikut. Slicer dapat menyaring data sesuai dengan yang kita inginkan. Misal kita ingin melihat data dari negara Australia, klik Australia  maka data dalam grafik dan tabel akan menampilkan data dari negara Australia saja. Kita dapat menambahkan slicer lain untuk tabel pivot dengan cara yang sama seperti tutorial di atas. Misal kita ingin membuat tampilan slicer dalam satu baris saja, kita dapat mengatur pilihan-pilihannya dalam pilihan Columns. Jika kita mempunyai dua slicer dalam satu tabel, maka kedua slicer itu akan memengaruhi tabel da...

Pengolahan Data Menggunakan Excel

Halo guys! Ketemu lagi di blog mingguan gue, yang lo semua tau kalo ini adalah tugas penkom gue hehe. Curhat dikit nih, menurut gue ini tugas praktikum tersusah dan terkacau selama 6 minggu terakhir. Gue lagi banyak kegiatan ditambah 2 minggu lagi udah mau uts belom nyicil laprak dan belajar samsek huhuhu. Tapi gue tetep seneng ketika harus nulis blog karena gue mau bagi2 ilmu!!!! Nah hari ini gue bakal bahas tentang Pengolahan Data Menggunakan Excel. Disini gue bakal bahas 3 subbab pertama, Pengantar Laporan Data di Excel, Tabel Excel, dan Tabel Pivot.  Kalo kata kakak asprak gue ini bakal bantu banget ketika gue udah masuk departemen statistika nanti, in case lo gatau gue jurusan apa. Oiya gue belajar materi ini dari web keren ini:  https://courses.edx.org/courses/course-v1:Microsoft+DAT205x+1T2020/course/  . Jadi buat lo yang mau nonton langsung dan lebih suka dengerin orang ngomong dibandingkan baca, gue saranin langsung klik link itu aja ya.  Gue belaja...