Langsung ke konten utama

Ms. Word - Penulisan Ilmiah (1)



Halo semua!


Seperti biasa, setiap hari Kamis , gue mendapat interdept Penerapan Komputer. Di post ini, gue bakal jelasin tentang Pengolah Kata sekaligus untuk memenuhi tugas keempat praktikum Penerapan Komputer. Ada beberapa aplikasi pengolah kata seperti Microsoft WordLibre Office Writter, Open Office Writter dan lainnya. Tentu saja yang paling banyak digunakan adalah Microsoft Word.

1. Membuat Page Break dan Section Break

Fitur Page Break dapat digunakan untuk menggabungkan kalimat dalam satu paragraf agar tidak terpisah di halaman yang berbeda. Caranya sangat mudah :



Sedangkan fitur Section Page dapat memudahkan untuk memberi tambahan halaman. Jadi tidak perlu lagi menekan tombol enter untuk menambah halaman. Berikut langkah-langkahnya



Setiap untuk membuat karya tulis diperlukan nomor halaman sebagai patokan. Selain memberi angka untuk nomor halaman, kita juga dapat menggunakan huruf sebagai nomor halaman. Dan dalam satu dokumen, dapat menggunakan jenis penomoran yang berbeda-beda. Berikut tutorialnya






2. Style Formatting (Bab-Subbab)

Kita tidak perlu mengubah font maupun warna untuk setiap judul bab, fitur ini dapat digunakan. Caranya cukup mudah, pilih di menu Home-Style. Disana sudah tersedia beberapa pilihan yang sering digunakan.





3. Membuat Judul Gambar dan Judul Tabel


Tabel atau gambar yang ada dalam karya ilmiah kita tentu harus memiliki judul atau caption. Judul tersebut dapat memberi penjelasan atas gambar atau tabel. Pilih gambar atau tabel, lalu klik kanan dan pilih Insert Caption

Setelah itu, tulislah judul gambar atau tabel yang diinginkan. Dalam pembuatan judul, sebaiknya dibedakan antara judul tabel dan gambar. Hal ini agar memudahkan kita untuk membuat tabel atau gambar selanjutnya.



4. Membuat Daftar Isi

Daftar isi juga sangat penting dalam membuat karya tulis. Nah berikut adalah langkah-langkah membuat daftar isi otomatis.










5. Membuat Daftar Gambar dan Daftar Tabel


Cara membuat daftar gambar atau daftar tabel sangat mudah. Pilih References-Insert Table of Figures pada menu bar.

Kemudian akan muncul menu seperti ini, pastikan Caption Label yang tertera adalah Tabel. Kemudian klik OK


Untuk membuat Daftar Gambar, kita cukup mengganti Caption Label tadi menjadi Gambar.


Tadaaaaa!




6. Membuat Cross Reference

Cross-reference adalah sebuah cara yang memudahkan kita untuk menemukan materi, judul, ataupun hal-hal yang penting yang kita inginkan dengan cepat tanpa harus membuka halaman per halaman di dalam sebuah dokumen.  Sebagai contoh, kita dapat membuat sebuah referensi pada halaman 1 yang meminta pembaca “Untuk informasi yang lebih lengkap, lihatlah Gambar 2 di halaman 3. ”Cross-reference dapat menghubungkan pada heading, bookmark, judul (caption), atau paragraf bernomor. Saat kita ingin merujuk pada gambar, tabel, atau hal lain, rujukan yang kita buat dapat menunjukkan hal yang dirujuk setelah di-klik. Berikut langkah-langkahnya:
1.   Letakkan kursor atau panah dalam dokumen ke tempat dimana kita ingin     menyisipkan Cross-reference.
2.   Tuliskan teks yang mendeskripsikan Cross-reference, sebagai contohnya: “Lihat  Gambar 1, tetapi di dalam dokumen kita hanya cukup menuliskan kata ‘lihat’.
3.   Lalu klik References > Klik Cross-reference > Pilih gambar pada Reference type > Pada Insert reference to pilih Only label and number > Klik Insert > lalu Close.
4.  Maka, secara otomatis jika kita tekan Ctrl+Klik pada tulisan Gambar 1 ia akan menuju/ memperlihatkan langsung Gambar 1.


Sekian dulu yaaa untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengolahan Data Menggunakan Excel (2)

Nah kali ini kita bakal ngelanjutin materi minggu kemaren ya! Slicer Fitur Slicer ini digunakan untuk menyaring data. Slicer dapat ditambahkan dengan memilih salah satu tabel pivot, kemudian klik Options>Insert Slicer. Kemudian muncul menu yang bisa kita pilih untuk disaring, dalam hal ini kita ingin menyaring data per negara. Kita centang Country, lalu klik Ok. Slicer akan muncul dengan tampilan sebagai berikut. Slicer dapat menyaring data sesuai dengan yang kita inginkan. Misal kita ingin melihat data dari negara Australia, klik Australia  maka data dalam grafik dan tabel akan menampilkan data dari negara Australia saja. Kita dapat menambahkan slicer lain untuk tabel pivot dengan cara yang sama seperti tutorial di atas. Misal kita ingin membuat tampilan slicer dalam satu baris saja, kita dapat mengatur pilihan-pilihannya dalam pilihan Columns. Jika kita mempunyai dua slicer dalam satu tabel, maka kedua slicer itu akan memengaruhi tabel da...

Pengolahan Data Menggunakan Excel

Halo guys! Ketemu lagi di blog mingguan gue, yang lo semua tau kalo ini adalah tugas penkom gue hehe. Curhat dikit nih, menurut gue ini tugas praktikum tersusah dan terkacau selama 6 minggu terakhir. Gue lagi banyak kegiatan ditambah 2 minggu lagi udah mau uts belom nyicil laprak dan belajar samsek huhuhu. Tapi gue tetep seneng ketika harus nulis blog karena gue mau bagi2 ilmu!!!! Nah hari ini gue bakal bahas tentang Pengolahan Data Menggunakan Excel. Disini gue bakal bahas 3 subbab pertama, Pengantar Laporan Data di Excel, Tabel Excel, dan Tabel Pivot.  Kalo kata kakak asprak gue ini bakal bantu banget ketika gue udah masuk departemen statistika nanti, in case lo gatau gue jurusan apa. Oiya gue belajar materi ini dari web keren ini:  https://courses.edx.org/courses/course-v1:Microsoft+DAT205x+1T2020/course/  . Jadi buat lo yang mau nonton langsung dan lebih suka dengerin orang ngomong dibandingkan baca, gue saranin langsung klik link itu aja ya.  Gue belaja...