Halo semua!
1. Membuat Page Break dan Section Break
Fitur Page Break dapat digunakan untuk menggabungkan kalimat dalam satu paragraf agar tidak terpisah di halaman yang berbeda. Caranya sangat mudah :
Sedangkan fitur Section Page dapat memudahkan untuk memberi tambahan halaman. Jadi tidak perlu lagi menekan tombol enter untuk menambah halaman. Berikut langkah-langkahnya
Fitur Page Break dapat digunakan untuk menggabungkan kalimat dalam satu paragraf agar tidak terpisah di halaman yang berbeda. Caranya sangat mudah :
Sedangkan fitur Section Page dapat memudahkan untuk memberi tambahan halaman. Jadi tidak perlu lagi menekan tombol enter untuk menambah halaman. Berikut langkah-langkahnya
Setiap untuk membuat karya tulis diperlukan nomor halaman sebagai patokan. Selain memberi angka untuk nomor halaman, kita juga dapat menggunakan huruf sebagai nomor halaman. Dan dalam satu dokumen, dapat menggunakan jenis penomoran yang berbeda-beda. Berikut tutorialnya
2. Style Formatting (Bab-Subbab)
Kita tidak perlu mengubah font maupun warna untuk setiap judul bab, fitur ini dapat digunakan. Caranya cukup mudah, pilih di menu Home-Style. Disana sudah tersedia beberapa pilihan yang sering digunakan.
3. Membuat Judul Gambar dan Judul Tabel
4. Membuat Daftar Isi
Daftar isi juga sangat penting dalam membuat karya tulis. Nah berikut adalah langkah-langkah membuat daftar isi otomatis.
5. Membuat Daftar Gambar dan Daftar Tabel
2. Style Formatting (Bab-Subbab)
Kita tidak perlu mengubah font maupun warna untuk setiap judul bab, fitur ini dapat digunakan. Caranya cukup mudah, pilih di menu Home-Style. Disana sudah tersedia beberapa pilihan yang sering digunakan.
3. Membuat Judul Gambar dan Judul Tabel
Tabel atau gambar yang ada dalam karya ilmiah kita tentu harus memiliki judul atau caption. Judul tersebut dapat memberi penjelasan atas gambar atau tabel. Pilih gambar atau tabel, lalu klik kanan dan pilih Insert Caption.
Setelah itu, tulislah judul gambar atau tabel yang diinginkan. Dalam pembuatan judul, sebaiknya dibedakan antara judul tabel dan gambar. Hal ini agar memudahkan kita untuk membuat tabel atau gambar selanjutnya.
4. Membuat Daftar Isi
Daftar isi juga sangat penting dalam membuat karya tulis. Nah berikut adalah langkah-langkah membuat daftar isi otomatis.
5. Membuat Daftar Gambar dan Daftar Tabel
Cara membuat daftar gambar atau daftar tabel sangat mudah. Pilih References-Insert Table of Figures pada menu bar.
Kemudian akan muncul menu seperti ini, pastikan Caption Label yang tertera adalah Tabel. Kemudian klik OK
Untuk membuat Daftar Gambar, kita cukup mengganti Caption Label tadi menjadi Gambar.
Tadaaaaa!
6. Membuat Cross Reference
Cross-reference adalah sebuah cara yang memudahkan kita untuk menemukan materi, judul, ataupun hal-hal yang penting yang kita inginkan dengan cepat tanpa harus membuka halaman per halaman di dalam sebuah dokumen. Sebagai contoh, kita dapat membuat sebuah referensi pada halaman 1 yang meminta pembaca “Untuk informasi yang lebih lengkap, lihatlah Gambar 2 di halaman 3. ”Cross-reference dapat menghubungkan pada heading, bookmark, judul (caption), atau paragraf bernomor. Saat kita ingin merujuk pada gambar, tabel, atau hal lain, rujukan yang kita buat dapat menunjukkan hal yang dirujuk setelah di-klik. Berikut langkah-langkahnya:
1. Letakkan kursor atau panah dalam dokumen ke tempat dimana kita ingin menyisipkan Cross-reference.
2. Tuliskan teks yang mendeskripsikan Cross-reference, sebagai contohnya: “Lihat Gambar 1, tetapi di dalam dokumen kita hanya cukup menuliskan kata ‘lihat’.
3. Lalu klik References > Klik Cross-reference > Pilih gambar pada Reference type > Pada Insert reference to pilih Only label and number > Klik Insert > lalu Close.
4. Maka, secara otomatis jika kita tekan Ctrl+Klik pada tulisan Gambar 1 ia akan menuju/ memperlihatkan langsung Gambar 1.
Sekian dulu yaaa untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar