Langsung ke konten utama

Aplikasi Wajib Untuk Mahasiswa: MENDELEY! - Penulisan Ilmiah (2)

Mendeley, Aplikasi Wajib Bagi Kamu Para Mahasiswa

Heloo geng! Hari ini gue seneng banget karena bisa nulis blog lagi. Selain itu gue juga seneng karena sekarang gue bawa info yang penting dan berguna banget buat pacar-pacarnya laprak sekalian! Gue mau ngenalin salah satu aplikasi yang berguna banget buat lo yang dapet praktikum dan mengharuskan lo buat laprak haha, terus buat senior-senior yang lagi skripsian juga. Namanya aplikasinya adalah MENDELEY!

Mendeley adalah aplikasi yang membantu lo dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, lo enggak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase. Kalo lo masih pakai cara manual dalam penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka, tobat deh, mending pakai Mendeley sekarang juga.

Instalasi Mendeley

Proses instalasi Mendeley mudah banget. Langkah-langkah berikut ini memperlihatkan proses instalasi perangkat lunak Mendeley ke dalam komputer atau laptop lo.


A. Membuat Akun Mendeley

1. Akses laman web http://www.mendeley.com

2. Klik “Create account” untuk memulai proses membuat akun Mendeley 


3. Ketikkan nama depan, nama belakang, dan juga alamat email Anda. Kemudian klik “Register"



4. Selanjutnya, klik "Continue to Mendeley"

5. Klik "Get Reference Manager" untuk memulai proses mengunduh aplikasi Mendeley Desktop.

6. Selanjutkan masukkan email dan password yang sudah kita buat di halaman web tadi.



B. Menginstal Perangkat Lunak Mendeley

1. Klik "Download Mendeley Desktop for Window". Klik dua kali file yang telah diunduh. Setup Wizard akan mengarahkan lo untuk menyelesaikan proses instalasi Mendeley Desktop.


2. Klik next untuk memulai Setup Wizard.



3. Klik “I Agree” jika setuju dengan License Agreement yang disodorkan oleh Mendeley.



4. Klik “Browse” untuk menyesuaikan di folder mana aplikasi akan dipasang. Anda dapat mengabaikan pilihan tersebut dan langsung klik “next” untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.



5. Klik Install untuk memulai proses instalasi Mendeley Desktop.



6. Beri tanda centang pada Run Mendeley Desktop dan klik “Finish” untuk menyempurnakan proses instalasi. Lalu sign-in dengan memasukkan email dan password yang sudah kita daftarkan tadi. 


Mengakses Mendeley pada Microsoft Word
  
Sebelum dapat melakukan sitasi maupun menambahkan daftar pustaka, terdapat perangkat lunak tambahan (plugin) yang perlu diinstall terlebih dahulu pada Microsoft Word. Proses instalasi dapat dilakukan dengan mengakses menu Tools – Install MS Word Plugin. Pada saat melakukan instalasi plugin ada hal yang perlu diperhatikan, yakni apabila Microsoft Word sedang aktif maka pengguna harus keluar dulu dari aplikasi tersebut atau instalasi plugin tidak dapat dilakukan.





Apabila instalasi plugin telah berhasil dilakukan pada sistem operasi Windows, maka pada Microsoft Word akan ditambahkan grup icon baru pada tab References.


Melakukan Sitasi 

Melakukan sitasi menggunakan Mendeley sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara meng-klik menu Edit Citation pada menu Mendeley. Kemudian cari dan pilih referensi mana yang dimaksud, pastikan kita sudah memasukkan file referensi tersebut ke Mendeley. Kita juga dapat memilih format sitasi yang akan digunakan pada dokumen sesuai dengan kebutuhan. Mendeley didukung dengan banyak format sitasi ilmiah dan jumlah format ini dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. 

Apabila perlu dilakukan perubahan format sitasi, dapat dilakukan dengan memilih salah satu style dari daftar yang tersedia pada menu View-Citation Style. Beberapa format sitasi berikut secara default tersedia dalam Mendeley, kecuali format yang udah gue pilih (karena udah gue tambah duluan).


Seandainya format yang akan digunakan bukan salah satu dari format sitasi diatas, kita dapat menambahkan format lain dengan memilih menu More Styles pada daftar format sitasi. Selanjutnya pilih tab Get More Styles kemudian memasukkan kata kunci dari format sitasi yang akan ditambahkan. Gue sendiri menggunakan format dari kampus gue sendiri yaitu IPB.




Menambahkan Daftar Pustaka

Mendeley menyediakan fungsi untuk menambahkan bibliografi atau daftar pustaka dari semua referensi yang digunakan pada dokumen secara otomatis. Kita tinggal memilih menu Insert Bibliography pada  menu Mendeley. Format penulisan bibliografi secara otomatis akan disesuaikan dengan format sitasi yang digunakan pada dokumen. Pada saat dilakukan perubahan format sitasi, format penulisan bibliografi juga akan menyesuaikan dengan perubahan tersebut. 



Nah, mungkin itu aja yang bisa gue sampaikan. Semoga bermanfaat yaa semua, semangat kuliahnya!



Referensi

Doe, J. Q. (n.d.). Introduction to Mendeley. Retrieved July 6, 2015, from http://community.mendeley.com/teaching
https://mti.binus.ac.id/2015/11/10/melakukan-sitasi-menggunakan-mendeley/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengolahan Data Menggunakan Excel

Halo guys! Ketemu lagi di blog mingguan gue, yang lo semua tau kalo ini adalah tugas penkom gue hehe. Curhat dikit nih, menurut gue ini tugas praktikum tersusah dan terkacau selama 6 minggu terakhir. Gue lagi banyak kegiatan ditambah 2 minggu lagi udah mau uts belom nyicil laprak dan belajar samsek huhuhu. Tapi gue tetep seneng ketika harus nulis blog karena gue mau bagi2 ilmu!!!! Nah hari ini gue bakal bahas tentang Pengolahan Data Menggunakan Excel. Disini gue bakal bahas 3 subbab pertama, Pengantar Laporan Data di Excel, Tabel Excel, dan Tabel Pivot.  Kalo kata kakak asprak gue ini bakal bantu banget ketika gue udah masuk departemen statistika nanti, in case lo gatau gue jurusan apa. Oiya gue belajar materi ini dari web keren ini:  https://courses.edx.org/courses/course-v1:Microsoft+DAT205x+1T2020/course/  . Jadi buat lo yang mau nonton langsung dan lebih suka dengerin orang ngomong dibandingkan baca, gue saranin langsung klik link itu aja ya.  Gue belaja...

Langkah Mudah Backup dan Restore di Windows 7

Hola people! Seneng banget akhirnya bisa nulis blog lagi, walaupun buat tugas doang, sih, hehe. Nah obrolan kita kali ini bakal penting banget, nih. Apalagi buat generasi milenial yang bucin sama deadline dan tugas! Gue beberapa kali ngalamin kejadian yang menyakitkan karena keteledoran gue sendiri. Tugas yang sudah mati-matian dikerjain ternyata kehapus dan belum sempat dibackup! Jadi ilang cuy, bikin ulang, begadang ulang, nangis ulang. Makanya backup itu penting banget, dan kali ini gue bakal kasih tahu tentang Langkah Mudah Backup dan Restore di Windows !  Sekarang pertanyaannya adalah; Kenapa, sih, kita bisa kehilangan data?  Apakah sistem kita nggak cukup aman, atau ada faktor lainnya? Jawabannya mudah, karena pada akhirnya kita hanyalah manusia. Sering kali kita sudah merasa bahwa sistem yang kita bangun sudah cukup kuat dengan kode enskripsi yang kompleks sehingga kita merasa aman. Namun kenyataannya, data kita bisa hilang akibat faktor lainnya. ...

Ms. Word - Penulisan Ilmiah (1)

Halo semua! Seperti biasa, setiap hari Kamis , gue mendapat interdept  Penerapan Komputer . Di post ini, gue bakal jelasin tentang  Pengolah Kata  sekaligus untuk memenuhi tugas keempat praktikum Penerapan Komputer. Ada beberapa aplikasi pengolah kata seperti  Microsoft Word ,  Libre Office Writter, Open Office Writter  dan lainnya. Tentu saja yang paling banyak digunakan adalah  Microsoft Word. 1. Membuat Page Break dan Section Break Fitur Page Break dapat digunakan untuk menggabungkan kalimat dalam satu paragraf agar tidak terpisah di halaman yang berbeda. Caranya sangat mudah : Sedangkan fitur Section Page dapat memudahkan untuk memberi tambahan halaman. Jadi tidak perlu lagi menekan tombol  enter  untuk menambah halaman. Berikut langkah-langkahnya Setiap untuk membuat karya tulis diperlukan nomor halaman sebagai patokan. Selain memberi angka untuk nomor halaman, kita juga dapat menggunakan huruf sebag...