Langsung ke konten utama

Pengolahan Data Menggunakan Excel (2)

Nah kali ini kita bakal ngelanjutin materi minggu kemaren ya!


Slicer

Fitur Slicer ini digunakan untuk menyaring data. Slicer dapat ditambahkan dengan memilih salah satu tabel pivot, kemudian klik Options>Insert Slicer.


Kemudian muncul menu yang bisa kita pilih untuk disaring, dalam hal ini kita ingin menyaring data per negara. Kita centang Country, lalu klik Ok.


Slicer akan muncul dengan tampilan sebagai berikut.


Slicer dapat menyaring data sesuai dengan yang kita inginkan. Misal kita ingin melihat data dari negara Australia, klik Australia maka data dalam grafik dan tabel akan menampilkan data dari negara Australia saja.


Kita dapat menambahkan slicer lain untuk tabel pivot dengan cara yang sama seperti tutorial di atas.


Misal kita ingin membuat tampilan slicer dalam satu baris saja, kita dapat mengatur pilihan-pilihannya dalam pilihan Columns.


Jika kita mempunyai dua slicer dalam satu tabel, maka kedua slicer itu akan memengaruhi tabel dan grafik tersebut secara bersamaan. Misalkan kita mempunyai slicer Country dan Age Group. Di slicer tersebut kita memilih Seniors (64+), data yang ditampilkan adalah data seluruh negara dari kelompok umur lebih dari 64 tahun.


Kita dapat menghubungkan pivot tabel lain dalam satu slicer. Caranya dengan memilih suatu slicer, kemudian klik Slicer Tools>PivotTable Connections.


Lalu pilih tabel pivot yang akan dihubungkan ke slicer. Sekarang kita akan menghubungkan slicer ke semua tabel pivot, hal ini dilakukan dengan menceklis semua pilihan seperti di bawah ini.


Semua tabel pivot akan dipengaruhi oleh slicer.



Jika kita ingin mengembalikan semua data dari semua informasi pada slicer, cukup klik tanda di ujung kanan atas pada menu slicer.































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ms. Word - Penulisan Ilmiah (1)

Halo semua! Seperti biasa, setiap hari Kamis , gue mendapat interdept  Penerapan Komputer . Di post ini, gue bakal jelasin tentang  Pengolah Kata  sekaligus untuk memenuhi tugas keempat praktikum Penerapan Komputer. Ada beberapa aplikasi pengolah kata seperti  Microsoft Word ,  Libre Office Writter, Open Office Writter  dan lainnya. Tentu saja yang paling banyak digunakan adalah  Microsoft Word. 1. Membuat Page Break dan Section Break Fitur Page Break dapat digunakan untuk menggabungkan kalimat dalam satu paragraf agar tidak terpisah di halaman yang berbeda. Caranya sangat mudah : Sedangkan fitur Section Page dapat memudahkan untuk memberi tambahan halaman. Jadi tidak perlu lagi menekan tombol  enter  untuk menambah halaman. Berikut langkah-langkahnya Setiap untuk membuat karya tulis diperlukan nomor halaman sebagai patokan. Selain memberi angka untuk nomor halaman, kita juga dapat menggunakan huruf sebag...

Pengolahan Data Menggunakan Excel

Halo guys! Ketemu lagi di blog mingguan gue, yang lo semua tau kalo ini adalah tugas penkom gue hehe. Curhat dikit nih, menurut gue ini tugas praktikum tersusah dan terkacau selama 6 minggu terakhir. Gue lagi banyak kegiatan ditambah 2 minggu lagi udah mau uts belom nyicil laprak dan belajar samsek huhuhu. Tapi gue tetep seneng ketika harus nulis blog karena gue mau bagi2 ilmu!!!! Nah hari ini gue bakal bahas tentang Pengolahan Data Menggunakan Excel. Disini gue bakal bahas 3 subbab pertama, Pengantar Laporan Data di Excel, Tabel Excel, dan Tabel Pivot.  Kalo kata kakak asprak gue ini bakal bantu banget ketika gue udah masuk departemen statistika nanti, in case lo gatau gue jurusan apa. Oiya gue belajar materi ini dari web keren ini:  https://courses.edx.org/courses/course-v1:Microsoft+DAT205x+1T2020/course/  . Jadi buat lo yang mau nonton langsung dan lebih suka dengerin orang ngomong dibandingkan baca, gue saranin langsung klik link itu aja ya.  Gue belaja...